PIN BB D62C577E
H. Tamyiz 085 312 992 200
089 687 366 366
galenafurniture1999@gmail.com

Beberapa Cara Memilih Kayu Untuk Furniture

Tuesday, November 29th 2016.

Beberapa Cara Memilih Kayu Untuk Furniture

Selasa, 29 November 2016.

Kayu merupakan bahan yang hampir pasti digunakan setiap akan membangun sebuah rumah. Kayu merupakan kebutuhan pokok bagi para pengrajin mebel karena bahan baku utama dalam proses pembuatan mebel adalah kayu, untuk memperoleh kayu para pengrajin mebel dapat membeli dalam bentuk kayu bulat maupun kayu papan atau sirap. Kayu juga sering dijadikan sebagai produk furniture yang digunakan untuk melengkapi perabotan rumah. Oleh karena itu, ketika ingin membeli kayu, entah untu konstruksi rumah atau perabot furniture, harus bisa mengerti akan kualitas kayu itu sendiri. Terkadang Kita hanya menyerahkan pada tukang, padahal tukang itupun belum tentu paham betul, maka sebaiknya Kita harus belajar sendiri untuk memahami kualitas kayu yang akan Kita gunakan.

Kayu Balokan

Kayu Balokan

Pemilihan kayu untuk konstruksi rumah

Jika Kita akan membangun rumah, maka konstruksi menjadi prioritas utama. Yang mana konstruksi inilah yang akan menjadikan rumah Kita bisa bertahan lama atau tidak. Oleh sebab itu, saat kita memilih kayu untuk konstruksi rumah sebaiknya Kita memilih kayu yang kuat, keras, dan tahan air serta rayap. Untuk memilih kayu yang baik, Kita bisa mencari informasi di internet atau orang yang sudah berpengalaman. Kayu untuk konstruksi rumah biasanya menggunakan kayu jati, sengon laut, kalimantan, atau kayu nangka. Selain itu juga bisa menggunakan kayu-kayu yang lain, asal bersifat kuat dan tahan lama.

Pemilihan kayu untuk perabot rumah

Dalam pemilihan kayu untuk perabot rumah, ada beberapa faktor yang harus diperhatikan. Kayu yang biasa digunakan untuk perabot furniture rumah adalah, kayu jati, mahoni, dan sono keling. Kayu-kayu tersebut mempunyai kualitas yang cukup baik dan memiliki urat kayu yang cantik. Untuk mengetahui kayu tersebut yang bisa digunakan, bisa dilihat dari bentuk dan ukuran kayu yang besar dan kuat. Lalu kayu yang baik juga memilik warna yang cerah, segar dan tidak berlubang, Akan berbeda jika kayu tersebut warnanya terlihat mentah, maka bisa dipastikan kayu tersebut belum tua betul dan nantinya tidak awet jika digunakan membuat mebel furniture. Selain itu tingkat kadar air serta kelembaban juga harus dipertimbangkan. Untuk hasil produksi dari kayu unyuk perabot rumah bisa berbentuk seperti : Kamar set  jati, Tempat tidur jati , lemari  buku jati dan masih banyak lagi

Kayu balokan perhutani

Kayu balokan perhutani

Berikut ialah 5 Tips memilih Menel Kayu jati berkualitas :
1. Hindari Mebel Jati yang terdapat Cocoh Cocoh ialah lubang-lubang kecil yang terdapat di kayu jati, cocoh terjadi karena kayu jati di buat rumah oleh serangga kecil yang menyebabkan terjadi bubuk di kayu jati. orang jepara biasa menyebut seranggan ini dengan nama “Trocoh”. ciri-ciri mebel yang terkena cocoh yakni adanya lubang kecil di kayu jati sehingga mebel dari jati tersebut rapuh dalamnya.
2. Pilih Bahan Mebel dari Kayu Jati TUA (kalau bisa menggunakan Kayu TPK) Sebisa mungkin memilih mebel jati dengan menggunakan bahan kayu jati TUA, kayu jati tua sendiri memiliki beberapa ciri yaitu diantaranya serat kayu yang padat, Berat kayu juga lebih berbobot, warna kayu coklat kemerah-merahan dan merata.
3. Finishing Produk Bagus dan bekualitas salah satu mengetahu finishing produk mebel jati yang bagus ialaha melihat produk mebel yakni dnegan melihat warna yang merata di semua produk, finishing tebal dan juga semua pori-pori kayu tertutup finishing.
4. Kontruksi Mebel harus kuat salah cara mengetahui bagus tidaknya sebuah kontruksi dari produk mebel jati yakni dengan cara : jika produk mebel tersebut di pakai, maka pemakai akan merasa sangat nyaman, produk mebel juga sangat kokoh ketika di gunakan. hal yang perting dari sebuah kontruksi mebel jati yaitu Simetris.

5. Pilih Mebel Asli Jepara, jepara merupakan pusat industri mebel jati, sehingga produk mebel jepara telah menjadi mebel berskala internasional, sehingga produk yang di hasilkan di jepara memiliki kualitas yang baik,

Kayu yang baik adalah kayu yang tua dan kering. Jika baru selesai ditebang, maka dipastikan kadar airnya tinggi. Oleh karena itu kita bisa mengeringkannya dengan cara dipanaskan atau diangin-anginkan dibawah sinar matahari. Atau jika ingin cepat, maka kita bisa meminta tolong Jasa Oven Kayu untuk mengeringkannya.

Berikut tadi adalah bagaimana cara mendapatkan kayu yang bai dan juga cara memilih kayu jati yang baik. Semoga menjadi ilmu pembelajaran dalam produksi mebel furniture.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
best
Rp (Hubungi CS)
best
Rp (Hubungi CS)